Jumlah kunjungan

Are you like this blog....?

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers

Followers

Minggu, 04 Juli 2010

Electronic Medical Record




Electronic Medical Record

Bagi para dokter, apalagi yang pasiennya banyak ne..he69x.. Pendataan pasien sangatlah penting, karena di data inilah tersimpan identitas pasien, riwayat penyakit dan berbagai data yang dibutuhkan untuk terapi, selain itu dengan adanya rekam medis sangat memudahkan pasien dan pihak lain untuk mengetahui perjalanan terapi dan kondisi pasien yang sangat penting untuk proses evaluasi kesehatan.

Namun yang terjadi di lapangan selama ini masih jauh dari harapan, rekam medis sangat sulit untuk ditelusuri, entah karena pasien yang lalai atau memang dari pihak tenaga medis kesulitan untuk mencari data pasien karena saya yakin data yang disimpan juga enggak sedikit. lalu gimana solusinya? tenang guys…

Rekam medis yang selama ini umum digunakan di indonesia masih manual, artinya hanya mengandalkan catatan dan kartu pasien. Padahal pengarsipan data berupa kertas enggaklah mudah, kalau dalam hitungan puluhan atau ratusan sih gak masalah, lha kalo udah ribuan? apa nggak kejang tuh… salah satu solusinya ya menggunakan rekam medis elektronik, tapi masalahnya kalo kita beli atau pesan EMR ke programmer tuh harganya gak murah,,,bisa nyampek puluhan juta pada kondisi-kondisi tertentu. Tapi jangan kuatir,,setelah browsing dan coba-coba sampek ngabisin bandwith internet dirumah..he7x..

Akhirnya saya menemukan dua program EMR dengan lisensi open source, artinya kita bisa pake tuh program secara gratis tanpa biaya sepeserpun, udah gitu bisa di jalanin di Linux maupun Windows..cool

Patient OS

Patient OS dikembangkan pertama kali dua orang jenius, pertama adalah Greg Caulton, seorang programmer yang telah berpengalaman selama 13 tahun pada pengembangan software dilebih dari 500 perusahaan dan berbagai rumah sakit anak ternama. kedua adalah Cam Johnson, seorang Administrator system Unix untuk perusahaan yang membangun dan beroperasi pada pengembangan rumah sakit khusus untuk perawatan jangka panjang bagi penyakit akut. Namun sekarang patient OS telah dikembangkan oleh banyak developer terutama developer-developer yang minat terhadap proyek-proyek open source. Salah satu kelebihan Patient OS adalah program ini bersifat multiplatform, artinya bisa berjalan di berbagai sistem operasi seperti Linux dan Windows. Ada juga video-video tutorial penggunaan Patient OS yang bisa dilihat disini. Kalau anda berminat, bisa di download langsung di halaman download Juragan Medis untuk versi windows, namun untuk versi Linux bisa di download di www.patientos.org.

patient OS1

1 komentar:

My Notes mengatakan...

Mmbingungkan.....
tp bgus koq

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.